Rabu, 12 Oktober 2011

Waktunya Nonton Sulap

Derren Brown dan trik ilusinya
Derren Victor Brown (lahir 27 Februari 1971) adalah seorang ilusionis, mentalis, pelukis, penulis dan skeptis. Ia terkenal karena penampilannya di acara-acara televisi, panggung, dan serial TV Inggris seperti Trick of The Mind dan Trick or Treat.

Sejak pertunjukan Derren Brown: Mind Control pada tahun 2000 disiarkan, semakin terkenal ia dengan aksi “membaca pikiran”. Ia juga menulis buku untuk pesulap maupun masyarakat umum. Selain itu, karya karikaturnya dipamerkan di galeri seni dan tersedia edisi tunggal yang mendokumentasikan koleksinya.

Meski penampilan membaca pikiran dan prestasi mentalisme lainnya mungkin muncul seperti hasil dari praktik kebatinan atau paranormal, ia menyatakan tidak punya kemampuan semacam itu dan berulang kali mencela mereka yang melakukannya.

Brown mengumumkan di tiap awal pertunjukan program Trick of The Mind bahwa ia bisa berhasil karena menggunakan kombinasi “sulap, sugesti, psikologi, pengarahan yang menyesatkan, dan keahlian pertunjukan”. Dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilannya, ia mampu meramal dan mempengaruhi pikiran orang dengan saran terselubung, proses manipulasi pengambilan keputusan, dan membaca tanda fisik dan mental yang tak kentara atau bahasa tubuh yang mengindikasikan apa yang seseorang tengah pikirkan.

Metode
Brown menyatakan menggunakan variasi metode untuk mencapai ilusi termasuk sulap tradisional, teknik memori, hipnosis, membaca bahasa tubuh, psikologi kognitif, cold reading, psikologi, subliminal (kemampuan menciptakan persepsi – terutama penggunaan persepsi tanpa kewaspadaan), dan sugesti ideomotor (gerakan tidak disadari). Ia juga menggunakan metode ilusi psikologi dan program syaraf-bahasa. Canggih punya bro.

Jadi penasaran gimana penampilannya? Cekidot salah satu penampilan tur panggung Brown pada tahun 2009/2010 bertajuk Enigma.




Sumber: Wikipedia, YouTube, Derren Brown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar