Sabtu, 07 Juni 2014

Marketing Jaringan (Network Marketing)

"Bagaimana mendayagunakan waktu, menghasilkan pendapatan sisa, dan membantu orang lain melakukan hal yang sama."

Apa sih Marketing Jaringan atau Network Marketing itu?

Anda tidak sendiri, bahkan sebagian orang yang sudah terlibat selama bertahun-tahun masih belum tahu bagaimana cara kerjanya atau bagaimana terciptanya. Tidak pernah sebelumnya orang di industri ini merasa bingung tentang apa sesungguhnya yang seharusnya dilakukan.

Kebingungan berpokok pada informasi keliru berasal dari dalam - namun juga dari luar industri itu sendiri. Syukurlah fakta tentang Marketing Jaringan sudah sangat mudah didapat dan terbuka bagi siapapun yang memiliki keinginan mencoba, kita punya bermacam orang yang terlibat - dan meskipun merupakan salah satu keistimewaan Marketing Jaringan, hal ini juga bisa jadi salah satu kelemahannya.

Terbuka bagi Siapapun

Jika semua orang bisa ikut, semua orang bersedia. "Sindrom jadi kaya mendadak", sayangnya, sangat marak - tidak secara khusus di Marketing Jaringan, ingat, tapi tampak berperan cukup besar di dalamnya. Maka tidak heran, disebabkan banyak orang yang mencari jalan keluar instan, sebagian orang di industri ini jatuh ke dalam godaan mengecilkan metode yang diperlukan agar berhasil dan mulai menjual cara "sederhana dan mudah", menggunakan teknik publisitas berlebihan dan tidak efektif.

Saya perlu melawan kerangka berpikir saya sendiri, syukurlah ada hikmah dari mengikuti selama bertahun-tahun ajaran yang keliru. Adalah alamiah bagi manusia untuk tertarik kepada cara-cara yang melibatkan hanya sedikit usaha - terutama jika Anda menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa tidak ada pilihan lain.

Dan jika orang tidak menjadi kaya dalam semalam, mereka marah. Seperti Anda ketahui, bukan sesuatu yang menyenangkan untuk mengakui Anda telah jatuh ke dalam godaan dan jauh lebih mudah melimpahkan kesalahan kepada sesuatu yang lain...Biasanya, industri itu sendiri. Persoalannya adalah, pada saat Anda memandangnya secara obyektif, bisakah sebuah industri atau model distribusi benar-benar dipersalahkan? atau seharusnya kita melihat pada tindakan orang-orang yang menggunakan model tersebut?

Sebagian orang dari luar juga termakan umpan - tapi dengan cara lain. Seringkali, mereka tidak terlibat langsung dan memilih untuk pergi ke arah yang berlawanan - mereka secara aktif menjelek-jelekkan dan menentang industri ini, menggunakan promosi berlebihan sebagai dasar informasi mereka. Yang juga tidak masuk akal.

Jadi, apakah Anda orang baru di Marketing Jaringan atau sudah terlibat cukup lama, saya harap tulisan ini dapat paling tidak membantu meluruskan sebagian kebingungan. Untuk melakukannya, saya akan membagi "Marketing Jaringan" ke dalam dua komponen dasar - "Marketing" dan "Jaringan".

Apakah "Marketing"?

Dalam istilah sederhana, "Marketing" adalah metode agar terhubung dengan pelanggan potensial. Metode termasuk:
  • Mempromosikan produk melalui toko (website resmi)
  • Menggunakan surat langsung
  • Tele-marketing
  • Mempromosikan lewat internet
Melalui marketing yang efektif, adalah mungkin meraih target pasar potensial dan hanya menarik mereka yang mencari apa yang Anda tawarkan. Penjualan adalah hasil alamiah dari marketing yang baik dan mereka jalan beriringan, meski kebanyakan orang kadang keliru berpikir bahwa keduanya adalah sama. Dengan marketing yang baik, Anda bisa berpenjualan sangat buruk dan tetap dapat uang banyak - dengan marketing yang buruk - Anda perlu memiliki kepercayaan diri sangat tinggi dalam keahlian penjualan Anda.

Apakah "Jaringan"?

Bob Burg di dalam bukunya yang berjudul "Endless Referrals", mendefinisikan "Jaringan" sebagai berikut:

"Jaringan adalah usaha saling menguntungkan, memberi-dan-menerima, hubungan menang-menang"


Manusia adalah mahluk sosial - apakah Anda seorang introvert atau ekstrovert, Anda harus memiliki semacam bentuk interaksi manusia untuk bertahan hidup. Semua dari kita memiliki lingkup pengaruh - orang-orang yang ada di sekitar kita yang akan mendengar apa yang kita katakan. Orang-orang tersebut, sebaliknya, punya teman-teman, yang pada gilirannya punya lebih banyak teman-teman. Jaringan adalah seni menemukan orang yang tepat untuk membangun hubungan, yang akan menguntungkan semua pihak yang terlibat.

Jadi..Apakah "Marketing Jaringan"?

"Marketing Jaringan" juga dikenal dengan nama "Multi Level Marketing" (MLM) dan kadang "Marketing Rujukan", merupakan sebuah cara lain bagi sebuah perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan potensial mereka, dengan membayar mereka untuk menyebarkan kabar tentang perusahaan dan produk-produknya - dengan kata lain memberi insentif bagi iklan dari mulut ke mulut.

Setiap pelanggan baru memiliki kesempatan untuk menjadi agen bagi produk perusahaan Marketing Jaringan, jika mereka mau. Mereka juga punya peluang, untuk membangun tim mereka sendiri - secara efektif memberi mereka sebuah bisnis serta manfaat memiliki karyawan, namun tanpa segala tetek bengeknya.

Dengan kata lain, setiap pelanggan memiliki kesempatan membangun jaringan pelanggan yang punya kebutuhan atau keinginan terhadap produk yang mereka pasarkan, demikian pula jaringan agen yang telah mereka beri pelatihan untuk mendukung mereka.

Mengapa "Multi-Level"?

"Multi Level Marketing" adalah asal nama "Marketing Jaringan", sebuah istilah lebih progresif. Namun, "Marketing Jaringan" lebih menggambarkan bagaimana Anda melakukannya, "Multi Level Marketing" menggambarkan bagaimana Anda dibayar.


Mari kita lihat gambar di atas sebagai contoh... Jika Pete, John, dan Anda adalah agen, akan terjadi sebagai berikut:
  • Anda akan dibayar sesuai usaha Anda sendiri demikian pula setiap penjualan produk yang datang dari John dan Pete
  • Pete akan dibayar sesuai usahanya sendiri demikian pula setiap penjualan produk yang datang dari John
  • dan John hanya akan dibayar sesuai usahanya sendiri - sampai ia punya tim sendiri, tentu saja.
Pada marketing tradisional dan penjualan langsung, Anda hanya akan dibayar sesuai usaha Anda sendiri, tidak untuk mereka yang telah Anda beri pelatihan juga. Komisi Anda juga mungkin lebih kecil (karena komisi dibagi ke dalam multi level), namun saya percaya keuntungan melebihi kerugian. Perbedaan utamanya sebagai berikut:
  • Penjualan langsung memiliki potensi terbatas, karena melibatkan hanya seluruh upaya sangat besar dari satu orang 
  • Sedangkan marketing jaringan, memiliki potensi tidak terbatas, karena memungkinkan Anda dibayar untuk banyak orang yang masing-masing melakukan upaya secukupnya. 
Intinya..

Pada akhirnya, apapun yang Anda ingin namakan, "Multi Level Marketing", "MLM", "Network Marketing", atau "Referral Marketing", kesimpulannya satu fakta sederhana. Merupakan satu cara lain mendapatkan upah - terutama untuk sesuatu yang selama ini telah Anda lakukan: iklan dari mulut ke mulut.

Sumber: From the desk of Justus Meyer, Port Elizabeth, South Africa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar