Jumat, 06 Januari 2012

Karakter-Karakter Utama Film Serial TV NCIS

Gibbs dan Abby
NCIS (Naval Criminal Investigative Service) adalah film serial TV kategori drama prosedural polisi seputar karakter-karakter fiksi agen khusus yang tergabung dalam NCIS. Tugas mereka melakukan penyelidikan kasus-kasus kriminal yang melibatkan Angkatan Laut Amerika.

Tadinya saya tidak terlalu memperhatikan film ini dan lebih memilih nonton CSI. Tapi CSI lama-lama membosankan dengan karakter-karakter kaku kurang wajar. Lalu mulai beralih ke NCIS. Wow, ternyata film ini lebih seru, lebih realistis. Karakter-karakternya menarik, lebih hidup.

Karakter-Karakter Utama NCIS
1. Leroy Jethro Gibbs (diperankan oleh Mark Harmon), agen khusus pengawas, penanggung jawab Major Case Response Team (MCRT) NCIS, mantan penembak jitu Angkatan Laut. Pernah menikah empat kali dan kini sendiri lagi. Istri pertamanya Shannon dan anak perempuannya Kelly dibunuh oleh bandar narkoba Meksiko setelah menjadi saksi pembunuhan. Agen Gibbs lalu balas membunuh bandar narkoba tersebut. Agen Gibbs punya hubungan seperti ayah-anak dengan spesialis forensik Abby Sciuto.

2. Anthony "Tony" DiNozzo (diperankan oleh Michael Weatherly), agen khusus dan senior lapangan. Petugas polisi sebelum bergabung dengan NCIS di tahun 2001. DiNozzo tahu banyak sekali tentang film. Berasal dari keluarga kaya raya, dikenal sebagai perayu dan gemar bercanda dengan rekan kerja. Meski rada playboy dan periang, ia sering digambarkan berpikir cepat dalam banyak situasi. Terdapat nuansa hubungan romantis antara ia dengan agen Ziva.

3. Ziva David (diperankan oleh Cote de Pablo), mantan petugas penghubung Mossad dengan NCIS. David menggantikan posisi agen khusus Caitlin Todd yang tertembak dan tewas oleh saudara tiri David. Spesialisasinya di Mossad adalah spionase, pembunuhan dan terorisme. Ia jago seni bela diri, bisa bahasa Yahudi, Inggris, Arab, Spanyol, Perancis, Itali, Jerman, Rusia dan Turki. Ziva jarang cerita masalah pribadi, ayahnya Eli David adalah direktur Mossad. Tidak punya televisi tapi film favoritnya The Sound of Music.

4. Abigail "Abby" Sciuto (diperankan oleh Pauley Perrette) adalah spesialis forensik. Anak dari pasangan tunarungu. Dikenal dengan gaya berdandan ala Gothic, kecanduan kopi berkafein tinggi "Caf-Pow". Abby pernah terlibat hubungan asmara singkat dengan agen McGee, namun hubungan berakhir sebagai teman. Ia anggota tim paling aktif dan gampang terharu, sering memeluk siapa saja dan gaya bicaranya cepat. Ia juga sangat mudah merasa terganggu. Hobi Abby main boling bareng biarawati, membantu membangun tempat tinggal bagi yang membutuhkan dan main game komputer. Peti mati adalah tempat tidurnya dan menurut DiNozzo, "orang beraliran Gothic paling bahagia."

5. Timothy McGee (diperankan oleh Sean Murray), mula-mula muncul sebagai agen kasus di Norfolk, lalu dipromosikan sebagai agen lapangan di dalam tim. Menjadi karakter yang biasa-biasa saja, ia agen khusus junior NCIS. Bertugas sebagai konsultan komputer lapangan dan kadang membantu Abby di laboratorium. Ia sering berselisih dengan agen DiNozzo meski sejak mereka bermitra mampu bekerja sama dengan baik. Mendapat pelatihan sebagai insinyur biomedis di Universitas John Hopkins dan ahli forensik komputer di MIT. Ia juga lulusan terbaik Pusat Pelatihan Penegakan Hukum Federal. Seorang penulis, menulis novel misteri kriminal termasuk novel berpenjualan terbaik Deep Six dengan nama samaran Thom E. Gemcity (anagram namanya). Karakter-karakter di dalam novelnya berdasarkan karakter rekan-rekan kerja maupun orang-orang lain yang ia temui di kehidupan sehari-hari.

6. Leon Vance (diperankan oleh Rocky Caroll), mantan asisten direktur NCIS yang diangkat menjadi direktur setelah kematian direktur NCIS sebelumnya, Jenny Shepard. Ia mantan petinju, pernah sekolah di Akademi Angkatan Laut Amerika dan berpangkat letnan dua komisi di Angkatan Laut ketika terpaksa berhenti karena alasan kesehatan, sehubungan perlunya perbaikan retina mata yang pernah lepas akibat karir sebagai petinju. Sebelum bergabung dengan NCIS, ia belajar di Naval War College Amerika. Mata kuliah di sini termasuk Filosofi Pertempuran dan Kriptografi Lanjutan. Ia juga pernah turut serta dalam beberapa operasi militer. Di dalam sejarahnya, Leon Vance punya kisah yang menyebabkan agen Gibbs kurang mempercayainya.

7. Dr. Donald "Ducky" Mallard (diperankan oleh David McCallum), Kepala Pemeriksa Medis NCIS, dokter berkebangsaan Skotlandia, teman lama agen Gibbs, dengan pendidikan medis dari Sekolah Kedokteran Universitas Edinburgh. Pernah bertugas sebagai dokter Angkatan Laut. Berkemampuan membaca karakter orang yang ia kembangkan dengan belajar Psikologi. Merupakan karakter eksentrik yang suka bicara dengan mayat dan melantur kepada orang hidup tentang sejarah maupun ingatan masa lalunya, namun berhati baik.

8. Caitlin "Kate" Todd (diperankan oleh Sasha Alexander), mantan agen Secret Service, direkrut oleh agen Gibbs setelah ia sukses membantu memecahkan kasus pembunuhan di pesawat Air Force One. Ia bergaul baik dengan rekan-rekan NCIS terutama dengan Ducky dan Abby. Todd terbunuh oleh Ari Haswari di episode "Twilight". Perannya kemudian digantikan oleh agen Ziva David.

9. Jenny Shepard (diperankan oleh Lauren Holly), menggantikan mantan Direktur NCIS Thomas Morrow. Ia seorang 'anak kolong', ayahnya Kolonel Jasper Shepard, seorang tentara. Ia juga mantan mitra dan kekasih Gibbs. Jenny terbunuh di episode "Judgement Day (bagian 1)". Di hari kematiannya ia sebenarnya tengah sekarat akibat penyakit yang tidak pernah disebutkan. Shepard punya hubungan dekat dengan Ziva David dan sering memberi informasi penting tentang kasus tanpa melalui jalur biasa ataupun Gibbs. Setelah kematian Direktur Shepard, posisinya digantikan oleh Asisten Direktur Leon Vance.

Yang mana karakter favoritmu?

Berikut lagu tema NCIS yang asli berjudul Azure Rose oleh Numeriklab.




Dan penggemar mengaransemen lagu dengan macam-macam versi. Yang ini versi hard rock:




Versi tau apaan yang jelas berisik:



Sumber: Wikipedia, YouTube

1 komentar:

  1. Ada link dari season pertama ga sih? Aku baru mulai nntn dari season 16 karena tayang di fox. Makasih oh dan kalo bisa subs indo.

    BalasHapus