Kamis, 24 Oktober 2013

Tetap Kalem dan Dengarkan Meshuggah

Lidah Tak Bertulang: Selera musikku pun berkembang, semakin tambah usia - herannya - koq malah ke arah genre musik berisik ya? Metal, aliran musik yang akhir-akhir ini aku gandrungi. Setelah cari sana sini (YouTube), aku suka di antaranya, System of A Down karena musik alternative metal mereka (aku kira) bernuansa Armenia sesuai darah para personil bandnya, meski asal California Selatan, Amerika Serikat. Dan aku terus mencari band yang bisa memuaskan jiwa kemetalanku. Kutemui Meshuggah, band asal Umeå, Swedia yang genre utamanya tergolong metal, yaitu extreme metal (bersimpangan dengan trash metal dan death metal), banyak juga yang melabeli dengan progressive metal, experimental metal, math metal, dll. yang mengandung unsur experimental jazz. Memang rumit Meshuggah ini, namanya diambil dari bahasa Yiddish (Yahudi Ashkenazi) berarti crazy.

Dianalisa para kritikus musik, kunci keunikan mereka ada di musik dan sound yang polyrhythm, lingkaran riff polimeter, sinkopasi ritmik, perubahan kunci dan tempo yang cepat, dan neo-jazz kromatik (apabila ada masalah mengartikan istilah-istilah tersebut, silakan googling atau tanya sebelah).

Anggota band: Jens Kidman (vokal), Fredrik Thordendal (gitar utama), Tomas Haake (drum), Mårten Hagström (gitar rhythm), Dick Lövgren (bass). Personil lama: Niklas Lundgren (drum), Peter Nordin (bass), Gustaf Hielm (bass). Lebih lengkap tentang Meshuggah di sini atau di situs web resminya.

Langsung kita dengar musik mereka.

Yang ini bikin merinding, live, judulnya New Millenium Cyanide Christ:



 Yang ini kerasa unsur jazznya, judul Sublevels:



Meshuggah "Break Those Bones Whose Sinews Gave It Motion" official video



Meshuggah Alive 2010



Meshuggah in India: The Documentary, bikin senyum dan mringis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar