Jumat, 17 Agustus 2012

Dirgahayu Republik Indonesia 1945 - 2012

Indonesia Independence Day 2012 by Google
Lidah Tak Bertulang: Hari ini, enam puluh tujuh tahun lalu, negara Republik Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Bukan hal mudah untuk mendapatkan status berdaulat dan merdeka. Dibutuhkan proses, waktu yang tak sedikit, dan perjuangan yang tak mudah hingga negara ini diakui oleh dunia internasional sebagai negara merdeka.

Enam puluh tujuh tahun bukan waktu yang sangat lama, pun bukan waktu yang amat singkat. Menengok negara-negara yang memperoleh kemerdekaan pada tanggal dan tahun hampir sama, rasanya Indonesia memperoleh kemajuan cukup lamban (terutama dilihat dari segi infrastruktur, tingkat pendidikan, perilaku dan kemakmuran rakyatnya). Memang bukan hal mudah memimpin negara, juga tidak gampang hidup sebagai rakyat di negara dengan pemimpin yang kalau bukan sebuah sosok otoriter, adalah sosok yang berkesan demokratis namun secara berlebihan mengedepankan pencitraan yang bersahabat dengan para penjilat dan koruptor, yang kemungkinan panggilan jiwanya adalah di bidang seni terutama seni musik, bukan politik, namun bukan pula hal yang mustahil untuk berhasil (merujuk pada pepatah "di mana ada kemauan di situ ada jalan"). Terhambatnya kemajuan di berbagai bidang - setelah sekian lama dikecapnya suasana kemerdekaan - sudah seharusnya diketahui akar permasalahannya oleh para ahli di bidangnya masing-masing, untuk kemudian ditemukan jalan keluarnya.

Dibutuhkan seorang pemimpin (baca: Presiden) yang mampu mengurai segala kekusutan, pribadi idealis pencinta kemanusiaan, yang luwes bergaul secara global sekaligus tegas, cerdas dan berani menghantarkan negara Republik Indonesia menuju kemajuan yang adil dan makmur. Sistem pemilihan umum yang mengakomodir semua golongan, jujur, adil, bebas dan rahasia, bebas juga dari politik uang. Dan dibutuhkan rakyat negara berkecerdasan cukup untuk sukses secara tepat memilih para wakil dan pemimpinnya. Bukan begitu? Bukaan.. Merdeka! By the way..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar